Manfaat Bumbu Dapur Bagi Kesehatan

8 Jenis Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan


                  8 Jenis Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
    Bukan hanya berguna menambah citarasa dan kelezatan masakan, jenis-jenis bumbu dapur berikut ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini beberapa di antaranya.

1. Bawang putih
      Zat alicin yang memberi citarasa dan aroma menyengat pada bawang putih bersifat antiseptik dan antibakteri. Konsumsi bawang putih diketahui ampuh untuk mengobati sakit flu, menormalkan tekanan darah,  menurunkan kadar kolesterol, memelihara stamina, dan penawar racun.

2. Bawang merah
      Bawang merah punya kandungan flavonoid dan fenol yang bersifat antioksidan dan bisa membantu meredakan peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Menurut penelitian, bawang merah juga mengandung senyawa sulfur yang berguna menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol, serta mengatasi infeksi bakteri dan virus.


3. Lada atau merica
      Citarasa lada yang pedas ampuh digunakan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, bumbu dapur ini juga berguna untuk meredakan sakit kepala, mengatasi bau keringat yang tidak sedap, asma, menstruasi tidak teratur, dan meningkatkan gairah seks.

4. Pala
      Air rebusan bunga pala biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi sulit tidur. Selain itu, pala juga berguna melancarkan peredaran darah dan mengatasi masalah pencernaan. Sebuah riset di Thailand menyatakan bahwa kandungan zat di dalam pala mampu menghambat pertumbuhan kanker.

5. Kunyit
      Sejumlah penelitian membuktikan manfaat zat curcumin di dalam kunyit mampu mengatasi peradangan dan meredakan rasa sakit. Karenanya, kunyit bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit akibat menstruasi, sakit kepala, sakit perut, dan nyeri pada persendian. Selain itu, kunyit, juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

6. Kencur
      Sejak lama, air perasan kencur dipercaya ampuh meredakan sakit batuk. Selain itu, kencur juga berguna mengatasi sakit kepala, gangguan pencernaan, diare, dan juga membersihkan darah.

7. Jahe
      Kandungan zat gingerol di dalam jahe memiliki khasiat anti peradangan dan antioksidan, sehingga jahe bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. Air rebusan jahe juga ampuh untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti sakit kepala, kembung, mual, dan badan pegal-pegal. Selain itu, jahe juga berguna untuk mengatasi bau mulut dan melancarkan sirkulasi darah.

8. Serai
      Selain digunakan untuk menyegarkan ruangan dan menangkal nyamuk, bumbu dapur ini juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri lambung, diare, batuk, dan badan pegal-pegal. Tak hanya itu, air perasan akar serai juga berguna untuk obat batuk, obat kumur, dan peluruh keringat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebiasaan Buruk

Hal Hal Penyebab Jerawat